Rumah cepat metode baja ringan

rumah cepat

rumah cepat

Waktu adalah uang (baca; berharga).

Waktu yang hilang tidak dapat diputar atau di ulang kembali, bisa sangat menyesal pabila begitu saja kita abaikan.

Manusia selalu memikirkan bagaimana sesuatu itu bisa cepat selesai. Contoh ;karena kendaraan tercipta, mulai sepeda hingga pesawat terbang begitu berarti, karena dapat menghemat waktu dalam perjalan. Penggunaan komputer juga begitu, dapat mempermudah dan mempercepat pekerjaan. 

 

Dalam konstruksi juga seperti itu, modul-modul precast (pracetak) pada beton seperti pelat, kolom, balok hingga dinding terbukti dapat menghemat waktu penyelesaian proyek.

Lalu bagaimana dengan rumah tinggal tipe kecil? ”

“Apakah bisa dibuat secepat menjahit baju , dalam satu minggu bisa selesai?.

Lahirnya konstruksi baru Rangka Baja ringan membuat pelaku konstruksi rumah sedikit tersenyum. Penggunaan rangka baja ringan ini telah terbukti dapat menyelesaikan rumah tinggal tipe 24 itu dalam waktu kurang dari 1 bulan.

Pertama-tama gambar desain dari Perencana disesuaikan terlebih dahulu, Pasangan dinding batu ditiadakan, begitu juga dengan kolom, semua diubah dengan metode Rangka baja ringan.

Rangka struktur baja ringan ini dianalisa dengan program khusus Coldform. Mulai dari beban mati (DL) hingga angin (W) . Gambar Rangka rumah di atas dibuat dengan hanya butuh 2 hari kerja dengan jumlah pekerja 4 orang.  kemudian rangka diselimuti panel.

Harganya pun tidak terlalu jauh dengan metode konvesional, hanya jika bicara waktu yang dapat dihemat membuat kami tertarik. Contoh metode konvensional butuh waktu 3 bulan, dengan menggunakan konstrusi Rangka Baja Ringan dapat terselesaikan kurang dari 1 bulan. Bukankah itu penghematan?.  Metode baja ringan ini juga menjadi solusi pada proyek

di area kerja yang sempit. Pelaku konstruksi ini tidak memerlukan area khusus untuk penempat material seperti; pasir, batu bata, semen ,dll. Hal ini juga membuat Area lokasi proyek terlihat selalu bersih.

Hasil rumah cepat dengan metode baja ringan , penyelesaian kurang dari 1 bulan.  Konsep rumah ini akan mulai bisa diterima di Indonesia lebih kurang 2 tahun kedepan lagi.

Perihal s4trya
seorang manusia yang berusaha tuk memperbaiki diri agar bisa berguna bagi keluarga, bangsa dan Negaraku

26 Responses to Rumah cepat metode baja ringan

  1. inaaja mengatakan:

    Cool..
    Rumahnya keren mas surya!!
    Bole tw biayanya kira2 brapaan yah?
    Trus klo di Aceh ato Sumatera udah ada ga yg beginian?
    Its interestd me, i meant it ^_^

  2. sigit mengatakan:

    Salam kenal

    Untuk rumah seperti ini saya berencana membuatnya di Malang, tapi kata anak dan istri kok nggak merumah atau membumi ya mungkin karena materialnya (ext & int) jadi kesanya dalam kontainer gitu.tapi suatu terobosan yang cukup bagus.

  3. Udin mengatakan:

    Wah mas, perkiraan biaya brapa yah buat rumah seperti di gambar itu. Desain yang lebih murah lagi bisa engga. ato kalo pesen gambar rumah (satu kamar tidur, satu kamar tamu, kamar mandi) dan perkiraan biayanya. Saya lagi pusing mas. Mau cari kontainer di Jogja gak ada yang jual. Di surabaya Jakarta ada, harga 12 jutaan, ongkos kirim mahal.
    Saya dah beli sebidang tanah ukuran 6 x 20 m. Pusing uang pas mau bangun rumah gak cukup.
    Mas bisa bantu kasih saran?

  4. Puri mengatakan:

    Punya contoh perhitungan desain kuda kuda baja ringan ga?yang sederhana aza, jadi ga melulu tergantung ama software

  5. maulana mengatakan:

    mas, mau tanya. untuk membuat pondasinya pake baja juga?

  6. s4trya mengatakan:

    @sigit > mengenai disain bergantung dari selera, bisa di disain sesuai selera kita,…
    @udin>mengenai harga relatif lebih murah jika dibandingkan degnan pembangunan rumah konvensional,…hanya kita bisa hemat di waktu dan tenaga kerja,……
    @Puri>contoh perhitungan struktur baja ringan memang menggunakan software (perangkat lunak pada komputer) sudah terlalu sulit jika dihitung menggunakan cara manual, metode “titik buhul” atau “kremona”,……mungkin jika yang dimaksud itu “software khusus baja ringan” ya?…..
    dapat dipergunakan juga software konstruksi seperti SAP2000 versi 10 atau higher,…..hanya perhitungan terhadap screw belum ada,…masih harus cara manual….
    @maulana>pondasi yang dipakai tetap beton bertulang ,….untuk pondasi rumah ini,…hanya menggunakan pondasi pelat

  7. alfian mengatakan:

    saya akan membangun rumah tipe 36. 20 buah di palangkaraya kalteng.saya tertarik sekali dgn gbr bapak diatas..saya ingin minta desain dan rincian harganya.terimakasih

  8. Armiadi dari Aceh mengatakan:

    Nah ini menarik…Tolong saya dikirimkan spesifikasi mulai dari pondasi sampai atap Dan RAB standard….Thanks berat…

  9. Harminto mengatakan:

    Mas Satria,

    Saya sedang berencana untuk membuat rumah 2-tingkat. Bangunan tingkat 1 memakai batu bata konvensional, sedangkan untuk lantai 2 akan menggunakan tiang dan atap baja ringan, dengan dinding keliling dari kaca semua. Bangunan lantai satu akan sebatas pengecoran atap yang sekaligus berfungsi sebagai lantai dari tingkat 2. Tiang-tiang lantai 2 disusun diatas lantai cor. Mohon saran apakah aplikasi tsb layak di jalankan. Terima kasih.

    Salam,
    Harminto
    harmintoharminto@yahoo.com

    • s4trya mengatakan:

      Dinding bata memang tidak di anjurkan sebgai penyangga lantai ke dua , sebaiknya tetap ada struktur tambahan seperti balok dan kolom.

  10. sean mengatakan:

    Mas Satria,

    Saya tertarik dengan desain rumah seperti ini, apakah tersedian juga type untuk rumah kos? jika ada mohon informasinya mengenai harganya.

    Tks

  11. yoga mengatakan:

    Bos, klu bangun warung kecil 2,5 x 5 m kira2 biaya berapa?
    Mks.

  12. s4trya mengatakan:

    taksiran biaya pembuatan rangka saja kurang lebih rp. 850,000/m2 luas lantai . sedangkan finishing belum termasuk .

    terima kasih

  13. Harminto mengatakan:

    Mas Surya,

    Saya berencana untuk membuat rumah di atas empang (kolam ikan), dengan ukuran kira2 10x12mtr. Mengingat kolam merupakan media basah (rentan ambles), saya ingin membuat konstruksi yang ringan, dengan menggunakan tian baja ringan, dan dinding kaca. Lantai dicor dengan spandek sebagai alas dengan wiremesh di atasnya. Bangunan terdiri dari 4 kamar tidur dan 2 kamar mandi. Mohon pencerahanya.

    Salam,
    Harminto

  14. agus mengatakan:

    Bisa minta contac person nya saya mau ajak meting saya ada proyek di aceh tolong balas secepatnya terimakasih

  15. s4trya mengatakan:

    hubungi Mba Lucy 021.7458415

  16. muh yasin mengatakan:

    mas gmna kalau rmh tipe 21 brpa biayax? …rncna bikin prumahan

  17. haris mengatakan:

    Tolong hubungi no saya 081315950080.
    Saya rencana bikin kerangka kandang ayam panggung.
    T:2m, L:2,5m, P:10m tapi yg bisa bongkar pasang ya.harga kena berapa ya posisi saya di tangerang

  18. ledy mengatakan:

    Salam kenal….
    Untuk d manado cocok g ya

  19. Suranto mengatakan:

    Salam, saya ada rencana merenovasi rumah. untuk gambaran umum rumah saya berlantai 2, lantai 1 ya sudah mengunakan bata dan di cor, sedangkan lantai 2 ya masih mengunakan kayu.

    yang ingin saya tanyakan berapakah anggaran jika hendak melakukan renovasi dan berapa anggaran serta lama proses pengerjaan ya. jika lantai 1 dan 2 ya mengunakan floordeck.

    Untuk panjang rumah 9 dan luas ya 3 meter. trims (mr_suranto@yahoo.com)

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: